Ultimate magazine theme for WordPress.

Gaji 14 ASN Boalemo Di Blokir, Bank Sulutgo Tilamuta Dikecam LIRA Gorontalo

Bupati Darwis Diminta Tengahi ASN dan Pihak Bank

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Boalemo, Kebijakan presiden RI  Joko Widodo untuk pembayaran THR atau gaji Empat Belas begitu sangat mengembirakan para Asn, TNI, Polri dan pensiunan tentunya. Namun menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H, sangat di sayangkan di Kabupaten Boalemo justru menimbulkan banyak kekecewaan, Pasalnya, Bank Sulutgo Cabang Tilamuta yang sejatinya telah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo dalam hal pengelolaan APBD justru memblokir THR atau gaji 14 pada sejumlah rekening nasabahnya. Hal ini dikatakan Sekertaris Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Provinsi Gorontalo,  Rais Nango.

Kepada Faktanews Rais Nango mengungkapkan kekecewaannya atas aapa yang terjadi kepada para ASN dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo. Menurut Rais, kebijakan yang diambil oleh pihak Bank Sulutgo Cabang Tilamuta ini yang dinilai tidak memberikan toleransi kepada Nasabah yang menunggak.

“ Saya merasa sangat kecewa atas kebijakan dari pihak Bank Sulutgo dengan memblokir dana THR bagi para pegawai daerah Kabupaten Boalemo yang mungkin ada kredit di bank tersebut, seharusnya pihak bank memberikan toleransi kepada para pegawai untuk menikmati kebijakan presiden dalam hal pembayaran Gaji 14 dan 13 bukan malah memblokir dana tersebut.

Rais menambahkan persoalan kredit itu memang wajib dibayar dengan dasar perjanjian kredit antara nasabah dan pihak Bank, namun bukan berarti asal memblokir dana yang sejatinya akan digunakan oleh para ASN sebelum lebaran nanti.

“ Persoalan kredit itu wajib untuk di bayar akan tetapi pihak Bank juga harus mengerti ini Dana THR bukan gaji bulanan, jangan seenaknya memblokir. Saya sebagai sekretaris LSM Lumbung Informasi Rakyat Provinsi Gorontalo sangat menyangkan apa yang di lakukan oleh pihak Bank Sulutgo, seharusnya juga memberikan toleransi kepada para pegawai yang ada di kabupaten boalemo. Kalau Pak Kacab tidak sanggup memberikan kebijakan tersebut, maka beliau tdak pantas untuk menjabat sebagai pimpinan dan kalau sudah begitu tentunya harus angkat kaki dari Boalemo.” Tegas Rais

Terakhir Rais meminta kepada Bupati Boalemo Darwis Moridu untuk menjembatani masalah yang menyangkut ASN tersebut. Kata Rais hal ini bisa dikatakan urgen mengingat Lebaran Idul Fitri tinggal menyisahkan beberapa hari, tentu dibutuhkan sikap dan keputusan yang bersifat segera.

“ Saya pikir ini harus diselesaikan, olehnya saya meminta Bupati Boalemo untuk dapat menengahi atau menjembatani permasalahan ini mengingat Lebaran tinggal beberapa hari lagi. Ini sudah urgen dan harus diselesaikan oleh pihak pihak terkait, dalam hal ini Pemerintah Boalemo dan pihak Bank Sulutgo.” Harap Rais.

Kepala Cabang Bank SulutGo Tilamuta Hasan Hamid ketika diklarifikasi Faktanews mengatakan bahwa pihaknya tidak sembarang memblokir rekening dari pada nasabah. Menurut Hasan Bank Sulutgo tidak memblokir gaji 14 sejumlah ASN Pemda Boalemo seperti apa yang sudah beredar, namun hanya kepada nasabah yang sudah menunggak angsurannya.

“Itupun system yang menjalankannya. Jadi ketika ada saldo direkening nasabah yang menunggak , maka system akan langsung memotong dana yang ada dalam rekening tersebut. Karena System tidak melihat dana apa yang ada didalam rekening yang menunggak itu, dan yang dipotong itu hanya dengan sesuai jumlah yang menjadi kewajiban dari nasabah. ” Jelas Hasan. (FN02)

3,578 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Facebook Comments