Ultimate magazine theme for WordPress.

Peringati Hari Ikan Nasional Ke-5, Tuasikal Buka Lomba Cipta Menu

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Maluku Tengah, Tim Pengerak PKK Kabupaten Maluku Tengah(Malteng) bekerjasama dengan Dinas  Perikanan Malteng dan Dinas Ketahanan Pangan Malteng, mengadakan lomba masak serba ikan dan cipta menu beragam bergizi seimbang dan aman(B2SA).

Kegiatan dengan Tema, “Melalui pemanfaatan pangan lokal dan gemar makan ikan,kita tingkatkan ketahanan keluarga menuju keluarga sejahtera.Dibuka oleh Bupati Malteng Tuasikal Abua,SH., Rabu, (8/5), dipusatkan di Gedung Olah Raga (GOR) Masohi.

Jumlah peserta yang ikut Iomba sebanyak 88 tim terdiri dari penggerak PKK dari 18 Kecamatan,Darma Wanita Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seta Darmawanita vertikal.

Bupati Maluku Tengah.Tuasikal Abua, SH., Dalam sambutannya mengatakan bahwa, kegiatan ini  sangat penting karena bermanfaat dalam memotivasi, memperkenalkan dan mengedukasi peserta lomba maupun masyarakat tentang menu makanan yang berkualitas dan serba ikan serta menciptakan inovasi baru dalam pengolahan menu makan harian yang beragam, bergizi, seimbang dan aman bagi anggota keluarga.

” Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah terus mengupayakan ketahanan pangan sebagai salah satu prioritas pembangunan daerah, sekaligus mendukung kebijakan pemerintah pusat melalui peningkatan konsumsi ikan masyarakat dengan menjadikan makan ikan sebagai budaya nasional,” tegasnya.

Kebijakan tersebut  kata Tuasikal, dimaksudkan untuk memperkuat perekonomian Maluku Tengah yang berdaya saing, serta mengupayakan penganekaragaman pangan, peningkatan ketersediaan dan kualitas serta peningkatan kelancaran distribusi bahan pangan sekaligus menjadikan ikan untuk kepentingan perbaikan gizi dan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk kepentingan itu, pemerintah daerah selalu berupaya meningkatkan produksi dan produktivitas komoditas pangan Iokal seperti umbi-umbian, jagung, sagu. sukun, singkong. dan sebagainya sebagai strategi untuk merubah pola pikir masyarakat ke arah pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman serta penggunaan ikan sebagai bagian dari menu sehari-hari,” terangnya.

Tuasikal mengharapkan agar semua pihak terkait memanfaatkan kegiatan ini sebagai momentum untuk mengkampanyekan ide, gagasan dan inovasinya yang tersaji dalam bentuk menu yang dilombakan. Ini sekaligus sebagai pelopor untuk menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat luas. “Sadar mengkonsumsi bahan pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman serta mengkonsumsi ikan sebagai lauk pauknya,” ujarnya. (Ruslan)

1,239 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Facebook Comments