Wabup Anas : Sementara  Ada Kesepakatan Antara Kami dan PT. PG Tolangohula

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Boalemo, Polemik embung antara Masyarakat Kecamatan Wonosari, Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo dan PT. PG Tolangohula,  yang sejatinya menjadi penyebab banjir di Dua Desa di kecamatan Wonosari dan Satu Desa Di Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo akhirnya untuk sementara waktu mendapatkan solusi.

Seperti diketahui, Masyarakat Kecamatan Wonosari yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli Lingkungan (AMPL) kesal dan marah akibat ditutupnya embung penampung air dan berada di 9 titik dengan luas 25 Hektar itu. Hal ini didasari dari banjir yang menjadi keluhan dan diresahkan akibat persoalan yang hampir membuat bentrok antara AMPL dan masyarakat dengan pihak Perusahaan yang dinilai cuek dengan dampak banjir tersebut.
Fakturrahman Kordinator Aksi AMPL kepada Faktanews mengatakan bahwa pihaknya bersyukur akan solusi yang bersifat sementara dari Pihak PT. PG Tolangohula dan Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo  dihadapan ratusan masyarakat yang hadir di Balai Desa Harapan, Jum’at (11/5).

“ Alhamdulillah kami sedikit berbahagia akan solusi yang diberikan oleh Pemda dan pihak Perusahaan. Dimana dalam kesepakatan tersebut, tuntutan kami sudah mendapat respon walau baru 2 titik embung dulu yang akan digali lagi. Namun hal tersebut masih akan berkembang hingga hari senin pekan depan, Intinya tuntutan kami hanya bagaimana embung itu kembali difungsikan. “ Urai Fakturrahman.

Setelah disepakati, Akhirnya pihak PT. PG Tolangohula sementara memberikan bantuan biaya operasional alat berat sebesar Rp. 20.000.000 yang akan digunakan untuk memperbaiki Dua titik embung yang besar. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Boalemo Anas Jusuf kepada awak media dalam siaran persnya. Wabup Anas menegaskan  bahwa selain bantuan biaya operasional alat berat tersebut, pihaknya melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga sudah menyewa alat berat untuk kemudian segera melakukan upaya perbaikan.

“ Alhamdulillah, masalah yang sempat buntu ini telah mendapatkan jalannya, hal ini tentu atas dukungan segala pihak, baik masyarakat dan tokoh – tokoh di Kecamatan Wonosari sehingga semua legowo untuk menyelesaikan masalah ini. Jadi untuk sementara waktu kami sudah mendapatkan solusi untuk segera menurunkan alat berat sebanyak Dua unit. Satu dibiayai oleh pihak Perusahaan dan satunya kami Pemda Boalemo melalui BPBD telah menyewa alat berat untuk segera bekerja hari ini juga (11/5). Dan Insya Allah hari senin nanti kami akan menindaklanjuti secara tekhnis “ Terang Wabup Anas.

(Kiri) Wakil Bupati Boalemo Anas Yusuf dan Kapolres Boalemo AKBP. Ade Permana. SIK

Kapolres Boalemo AKBP. Ade Permana,SIK kepada awak media mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan hal maksimal terkait pengamanan yang dilakukan selama Tiga hari terakhir. Menurut AKBP. Ade Permana, Seratus Personil telah mengamankan jalannya aksi damai tersebut.

“ Alhamdulillah, semuanya telah berjalan lancar. Sudah ada solusi dan itikad baik yang menyelesaikan masalah ini. Dan untuk itu, kami sebelumnya telah menyiapkan Seratus Anggota untuk menjaga keamanan dan lancarnya aksi ini. “ Tutup AKBP. Ade. (FN02)

622 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini