Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Maluku Tengah, Dalam rangka meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) dibidang jurnalistik bagi pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Masohi dan jurnalis Radio Pemerintah Daerah (RPD) Maluku Tengah (Malteng). Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Malteng menggelar kegiatan pelatihan jurnalistik tahun 2018.

Kegiatan dengan tema, “Pengbangan SDM generasi muda secara progresif dan kreatif dalam bidang jurnalistik sebagai energi untuk turut berperan aktif dalam pembangunan di Bumi Pamahanunusa,” dipusatkan di Aula Kementrian Agama Malteng , Selasa (8/5).

Hadir sebagai peserta sebanyak 50 Orang terdiri dari Siswa siswi SMA di Kota Masohi dan jurnalis Radio Pemerintah Daerah  Malteng.Sementara pemateri dari PWI Provinsi Maluku Drs, Mohtar Towe, M.Kom dan PWI Kabupaten Maluku Tengah Yuslan Idris,SE,MM.

Kegiatan dibuka oleh Asisten Dua bidang ekonomi pembangunan Bahrun Kalauw,SH, mewakili Bupati Malteng Tuasikal Abua,SH.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan bahwa, kegiatan ini sangat penting dan juga bermanfaat bagi seiuruh peseta daiam rangka meninggkatkan pengetahuan, kemampuan, dan ketrampiian teknis yang terkait dengan jurnalistik.

“Pada gilirannya deharapkan dapat memberi nilai tambah bagi peningkatan produktivitas kinerja para pegawai RPD dan Dinas Kominfo Maluku Tengah khususnya maupun untuk penyiapan ketrampilan dasar bagi siswa siswi SMA/SMK yang memiliki minat untuk mengembangkan diri di bidang jurnalistik,” terangnya.

Kita ketahui bersama bahwa, secara umum jurnalistik dipahami sebagai suatu iimu, teknik dan proses yang berkenaan dengan penulisan berita, feature (tulisan hasil reportase suatu obyek atau peristiwa), dan artikei opini di media massa baik media cetak, media elektronik maupun media online. Sehingga dengan memahami makna jurnalistik tersebut kita akan menyadari bahwa pekerjaan atau profesi di bidang jurnalistik juga sangat panting dan bermanfaat bagi masyarakat maupun bermanfaat dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah dan bangsa ini.

 “Saya ingin menegaskan bahwa perkembangan
teknologi informasi saat ini semakin pesat dan terus berevoiusi setiap saat sehingga masyarakat di daerah ini bahkan di seluruh dunia selalu memperoleh berita atau informasi dengan sangat cepat terhadap hampir semua peristiwa yang terjadi di muka bumi ini,” ujarnya.

Dikatakannya, perkembangan dunia informasi dan komunikasi yang sangat pesat seperti ini, temyata tanpa disadari mungkin saja telah menjadikan kita sebagai pengguna maupun sumber informasi yang berkembang di media massa dan media sosial.

Sebagai contoh, kita bisa mangetahui berbagai informasi dengan sangat cepat baik informasi atau berita yang bersifat obyektif, subyektif maupun yang hanya bersifat Hoax atau yang bersifat ujaran kebencian.

Selain itu masyarakat dewasa ini terutama generasi muda sudah sangat familiar dengan media sosial dan telah menjadi bagian panting dari media sosial bahkan jumlah  kaum miiineal semakin hari semakin banyak.

” Perlu saya tegaskan bahwa tumbuhnya kaum miiineal  dan keteriibatan kita di media massa terutama di media sosial perlu dikelola secara lebih profesional, bermoral dan bemartabat,” tandasnya. (Ruslan)

712 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini