Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Boalemo, Ir.H. Husain Etango akhirnya resmi dilantik sebagai Sekertaris Daerah Kabupaten Boalemo. Pengambilan sumpah jabatan yang berlangsung di Pendopo Kantor Bupati Kabupaten Boalemo, Kamis (19/4) ini dihadiri oleh Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Boaemo, Pimpinan OPD, Pejabat eselon dan ASN dilingkungan Pemerintah Daerah.

Bupati Boalemo Darwis Moridu pada sambutannya mengatakan bahwa prosesi penjaringan Calon Sekda ini telah melalui seleksi panjang. Dimana sesuai hasil dari KASN yang sebelumnya dinilai oleh Tim Seleksi Pimpinan Tinggi Pratama dilingkungan Pemda Boalemo dan menempatkan 3 nama untuk kemudian diputuskan oleh Bupati sebagai Sekerdaris Daerah. Darwis mengatakan bahwa berdasarkan hasil seleksi tim panitia seleksi yang dipimpin oleh Prof. Rauf Hatu ini menilai Sekda yang baru saja dilantik memenuhi kriteria dan dipadukan dengan hasil nilai yang tinggi dari calon lainnya, sehingga oleh Darwis momen pelantikan ini telah sesuai dengan peraturan dan perundang – undangan yang berlaku.

“ Hari ini sekda yang dilantik telah melalui prosesi penjaringan seleksi oleh Tim Pansel yang dipimpin oleh Prof. Rauf Hatu. Dimana berdasarkan penilaian dan hasil rekomendasi KASN, Pak Husain Etango mendapatkan nilai yang tinggi sehingga telah memenuhi kriteria sebagai Pimpinan Tinggi Pratama sesuai peraturan Menpan dan RB nomo 13 Tahun 2014 dan UU Nomor 5 Tahun 2014, tanpa ada intervensi sedikitpun.” Jelas Darwis.

Darwis pun menyampaikan bahwa peran sekertaris daerah sangatlah penting, sehingga dalam rangka mengemban langkah konsolidasi dan tugas, darwis berharap kepada seluruh stakeholder dan para ASN dapat membantu dan memberi dukungan demi terwujudnya peningkatan dan profesionalitas warna birokrasi yang dinamis dan berorientasi pada kepentingan masyarakat.

Sementara itu, Salah satu masyarakat asal Kecamatan Paguyaman yang tak mau disebutkan namanya kepada Faktanews mengungkapkan kekecewaannya terkait dengan pelantikan Husain Etango sebagai Panglima ASN Boalemo itu, menurutnya pelantikan Sekda tersebut tidak sesuai apa yang dijanjikan oleh Bupati Darwis.

Pasalnya, Diakhir masa kampanye hingga terpilih Bupati darwis telah mengumumkan hanya ada satu calon Sekda yang akan mendampinginya di Pemerintahan.

“ Saya kecewa untuk kesekian kalinya. Karena untuk posisi Sekda, Pak Bupati telah menjanjikan kepada kami siapa yang akan dilantik sebagai Sekda. Saya pikir hamper semua warga Boalemo tahu akan hal itu, sehingga saya kembali ingin mempertanyakan sekaligus menagih janji – janji yang Bupati sampaikan pada saat kampanye dulu.” Jelasnya. (FN02)

 

1,962 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini