Ultimate magazine theme for WordPress.

Balai PSKL Maluku Gelar Peningkatan Kapasitas Kader Lingkungan

Fatanews.com (Daerah) – Kabupaten Maluku Tengah. Dalam rangka membangun sinergisitas dengan kelompok pemerhati lingkungan yang ada di Masohi Kabupaten Maluku Tengah (Malteng). Balai.      (PSKL) Wilayah Maluku Papua menggelar kegiatan Peningkatan Kapasitas Kader Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng). Kegiatan di pusatkan di Ruang Pertemuan Hotel Lelemuku,  Rabu,  (28/3/18), menghadirkan narasumber masing-masing Direktur Kemitraan Lingkungan KLHK Dra.  Jo Kumala Dewi,Msi Dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Maluku Tengah La Harisa, SE. M. AP. Sementara peserta berasal dari perwakilan aktivis dan pemerhati lingkungan hidup dan kehutanan yang ada di Masohi Malteng.

Bupati Maluku Tengah (Malteng) Tuasikal Abua,  Sh. Dalam sambutannya yang di bacakan Asisten Dua Bidang Ekonomi dan Pembangunan Bahrun Kalauw, SH.  M engatakan bahwa,  menjaga lingkungan dan keberlangsungan hidup di bumi ini adalah tanggung jawab kita bersama, termasuk di dalamnya adalah generasi muda sebagai bagian dari masyarakat.

“Terkait dengan itu, tentu membutuhkan peran aktif dan dukungan masyarakat. Olehnya itu dengan mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga lingkungan ini tentu saja perlu disertai dengan upaya peningkatkan kapasitas sumber daya agar peran tersebut dapat membawa dampak yang positif secara umum kepada seluruh masyarakat dan secara khusus bagi Iingkungan di sekitar masyarakat itu sendiri,” tegasnya.

Untuk kepentingan itu maka selama ini terbukti bahwa Kader Lingkungan sebagai bagian dari masyarakat merupakan unsur penting dalam pembinaan cinta alam. ” Karena Kader Lingkungan merupakan unsur pelopor dan penggerak dalam masyarakat dalam mengupaya konservasi sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya serta diharapkan selalu berperan aktif bersama pemerintah mewujudkan masyarakat yang sadar Iingkungan,” terangnya.

Dikatakannya,  secara umum kita mengetahui bahwa Kader lingkungan adalah seseorang atau sekelompok orang yang dididik atau ditetapkan oleh instansi pemerintah atau lembaga non pemerintah yang secara sukarela berperan sebagai penerus upaya Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH), bersedia serta mampu menyampaikan pesan-pesan PPLH kepada masyarakat.

“Keberadaan dan peran kader Lingkungan Hidup selama ini sangat membantu untuk meminimalkan tekanan dan gangguan pada keseimbangan lingkungan hidup. Olehnya itu, Kader Lingkungan Hidup dibentuk tidak hanya pada daerahdaerah sekitar kawasan konservasi saja tetapi juga di sekitar atau di luar kawasan konservasi karena keberadaan kawasan konservasi berpengaruh luas pada seiuruh masyarakat,”harapnya

Pewarta : Yuslan Idris

1,127 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Facebook Comments