Ultimate magazine theme for WordPress.

Toilet Umum Di Lapangan Alun Alun Tidak Diperhatikan, Pemda Boalemo Dinilai Cuek

Warga Minta Pihak Terkait Perhatikan Kebersihan Toilet

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Boalemo, Lapangan Alun – Alun yang terletak di Kecamatan Tilamuta ini termasuk salah satu tempat yang bersejarah bagi Kabupaten Boalemo. Pasalnya, selain memiliki sejarah tersendiri, lapangan Alun alun ini adalah sebuah tempat yang strategis untuk menjadi pusat segala kegiatan baik event Pemerintahan maupun swasta.

Sebagai salah satu program dalam hal pembangunan fisik di Kabupaten Boalemo, Lapangan Alun – alun sedari awalnya adalah salah satu ikon penting di Ibukota Kabupaten Ketiga di Provinsi Gorontalo ini. Nilai historinya pun menambah nuansa tersendiri sebagai hal yang menjadi prioritas demi keberlangsungan sejarah dilokasi yang tepat berada di depan Kantor Pemerintahan dan Rumah Jabatan Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Boalemo itu.

Penambahan fasilitas – fasilitas umum termasuk penataan tamannya pun sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo. Namun sayangnya, beberapa hal tidak diperhatikan sehingga mengundang ragam tanya dibenak masyarakat pengguna terkait fasilitas umum yang dibangun menggunakan uang rakyat tersebut.

“ Pembangunan toilet umum yang terletak di lapangan alun-alun itu rusak sebelum terpakai, entah kurang perhatian dari pemerintah sehingga seperti terbengkalai dan fasilitasnya sudah mulai rusak. “ Jelas Anggi Wisatawan local asal Kota Gorontalo.

Menurut Anggi, Toilet yang terletak di Lapangan Alun – alun begitu bagus, namun sayang fasilitas yang berada didalam toilet sepertinya tidak mendukung.

“ Toiletnya rusak, tidak ada air dan sangat berbau busuk serta kotor seperti tidak ada yang merawatnya. Padahal toilet umum ini berada didepan Kantor dan Rumah Dinas Bupati serta berada dipusat Pemerintahan,  masa fasilitasnya Cuma seperti ini. “ Ungkap Anggi kecewa.

Hal ini juga diakui para pedagang yang berada diseputaran Lapangan Alun – alun,  ketika dimintai tanggapannya membenarkan bahwa mereka kesulitan dengan terbengkalainya fasilitas toilet umum tersebut. Bahkan mereka kebingungan ketika ada wisatawan ataupun pengunjung local yang membutuhkan toilet umum.

“ Kami sangat kesulitan pak, kalau sudah mau buang air pasti larinya kerumah penduduk atau toilet sekolah. Kadang – kadang kalau ada pengunjung yang butuh toilet, kami bingung mau diarahkan kemana. “ Ujar Pedagang yang tak mau disebutkan namanya.

Plt Sekertaris Daerah Husain Etango, ketika dikonfirmasi awak media ini mengatakan bahwa dirinya sudah pernah mengunjungi Toliet dan kondisi tersebut sudah diteruskan kepihak Dinas PU Kabupaten Boalemo. Hal ini tentu menyangkut kebersihan dan perawatan Toilet umuum tersebut.

“ Kondisi Toilet di alun alun itu saya sudah teruskan ke Dinas Pekerjaan Umum (PU) Boalemo, jadi silahkan konfirmasi ke Instansi yang bersangkutan. “ jelasnya singkat

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Gerson Samin ketika diklarifkasi terkait bangunan fasilitas umum dilapangan alun – alun tersebut,  mengatakan bahwa pihaknya telah menyerahkan gedung toilet umum itu ke Pihak Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Boalemo. Sehingga pengelolaan serta perawatannya sudah menjadi tanggung jawab dari Instansi tersebut.

” Bangunan itu kami sudah serahkan ke pihak Dinas LHK pak, agar supaya Dinas LHK dapat memperbaiki dan membersihkannya dengan bagus. ” Jelas Gerson melalui via selulernya.

Namun hal tersebut dibantah oleh Syahriel Mointi, menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan itu, Pihaknya baru menerima Toilet umum tersebut baru secara administrasi dan untuk fisiknya belum.

” Iya memang benar, Dinas PUPR telah menyerahkan bangunan toilet itu ke pihak LHK,  tetapi baru  secara administrasi, fisiknya belum pak. ” Bilang Syahriel. (TR02)

 

Editor : Jeffry As. Rumampuk

1,319 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

Facebook Comments