Ultimate magazine theme for WordPress.

Pemda Boalemo Dinilai Tertutup, Jabatan Plt. Sekda Mulai Dipertanyakan

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Boalemo, Polemik posisi Pelaksana Tugas Sekertaris Daerah yang dinilai sangat strategis. Selain sebagai Panglimanya para ASN, Sekertaris Daerah adalah salah satu factor penting pengambil kebijakan yang ada di Pemerintahan dan Daerah itu sendiri.

Seperti diketahui, bahwa pelaksana tugas tentunya memiliki keterbatasan wewenang sebagaimana yang dimaksudkan dalam Surat Kepala BKN No.K.26.30/V.20.3/99 tentang kewenangan pelaksana harian dan pelaksana tugas dalam aspek kepegawaian. Sehingga yang bersangkutan atau yang memperoleh wewenang tidak berwewenang mengambil keputusan dan atau tindakan yang bersifat strategis dan berdampak pada perubahan status hokum pada aspek organisasi, kepegawaian dan alokasi anggaran.

Selain itu, keputusan ataupun tindakan yang memiliki berdampak besar seperti penetapan perubahan rencana strategis dan rencan kerja Pemerintah seperti yang diatur pada Pasal 14 ayat 7 UUAP.

Anggota DPRD Provinsi Gorontalo dapil Kabupaten Boalemo dan Pohuwato Ulul Azmi Kadji kepada Fakta News mengatakan bahwa dirinya mempertanyakan posisi Sekertaris Daerah yang dijabat Pelaksana Tugas Husain Etango dikurun waktu 1 tahun belakangan. Menurut Ulul Azmi, hal ini tentu wajib dipertanyakan kepada Pemerintah Daerah. Pasalnya, hingga saat ini Pemerintah dinilai tertutup dan terkesan menutup nutupi masalah yang sanagt berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas pelayanan terhadap masyarakat.

“ Padahal jabatan Sekertaris Daerah ini merupakan jabatan yang sangat strategis untuk keberlangsungan proses birokrasi pemerintahan disuatu daerah. “ Kata Ulul.

Ulul pun menambahkan agar hal tersebut segera ditindaki serius oleh Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Darwis Moridu. Masih kata Ulul, Pemerintah Daerah diminta cepat untuk segera mengusulkan nama – nama calon Sekertaris Daerah ke Gubernur Gorontalo.

“ Padahal sudah banyak Pamong – pamong senior dan sudah berpengalaman yang bisa diusulkan. Ini kalau seperti ini, Pemda terkesan menutup nutupi atas proses birokrasi. “ Tambah Ulul.

Terakhir Ulul kembali mempertanyakan kepada Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Boalemo atas ketidakterbukaannya terkait tertundanya proses pengisian jabatan Sekertaris Daerah.

“ Padahal posisi Sekda ini sangatlah penting, sehingga pemda seharusnya terbuka kepublik apa saja alasan terkait lambatnya proses pengusulan nama untuk mengisi jabatan Sekda.” Tutup Ulul.

Hingga Berita ini diterbitkan, Bupati Boalemo Darwis Moridu tidak dapat dihubungi.(FN02)

Editor : Jhojo Rumampuk

2,528 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Facebook Comments