Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Boalemo, Kembali permasalahan pelantikan pejabat di Kabupaten Boalemo disoroti. Pasalnya, kegiatan yang rencananya akan digelar hari jumat (29/12) ini membuat Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI A.D. Khaly angkat bicara.

Mantan Camat teladan se Sulawesi Utara ini menilai bahwa pelantikan tersebut cacat, hal ini menurut A.D. Khaly ditenggarai dengan tidak dilibatkannya tim penilai ataupun Baperjakat selama proses penyusunan hingga penetapan hasil seleksi calon tersebut. ” Pengalaman saya waktu masih aktif dibirokrat, seluruh pejabat yang akan dilantik itu dinilai oleh baperjakat sehingga itu benar – benar menghasilkan formasi yang benar benar sesuai kompetibel dan komit sesuai kepangkatannya. Ini kalau begini cacat dan berbahaya. ” Jelas Birokrat yang merintis karir dari nol itu.

A.D. Khaly menambahkan bahwa disatu sisi atas kisruh pelantikan hingga terbitnya Surat dari DPRD Kabupaten Boalemo terkait permintaan penundaan pelantikan yang didasari hasil rapat pimpinan inipun, menurut Khaly bukan urusan DPRD. Karena persoalan mutasi adalah hak preogratif Bupati dan tidak bisa dicampuri oleh DPRD.

” Persoalan mutasi atau rotasi pegawai itu hak mutlak dari Bupati,  Tidak boleh dicampuri oleh DPRD. Karena soal mutasi itu jabatan karir dan bukan jabatan politik. Soal surat yang diterbitkan DPRD itu tidak ada kaitannya dengan urusan mutasi. Saya sudah dengar info soal semalam, jadi DPRD tidak boleh intervensi Keputusan Bupati perihal tersebut. ” Tambah A.D. Khaly.

Terakhir, A.D Khaly berharap kepada Bupati Boalemo Darwis Moridu agar supaya jeli dalam menyikapi persoalan daerah termauk masalah mutasi.

” Saya di DPD RI berada di Komite 1 yang salah satunya adalah membidangi persoalan pemerintahan. Dan untuk itu saya bisa masuk dalam pengawasan serta masalah ini saya sudah catat. Selanjutnya saya meminta kepada Bupati harus jeli terhadap masalah Pemerintahan dan tahu konsekwensi yang akan dihadapi. Ingat ratusan ribu masyarakat Boalemo menggantungkan nasibnya ke pundak bupati. Oleh karena itu, saya berharap kisruh ini segera berakhir. ) Tutup A.D. Khaly. (FN02)

3,826 kali dilihat, 0 kali dilihat hari ini