Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Pohuwato, Sebagai Pendamping program Kementerian Desa PDTT yan disebut dengan PID (Program Inovasi Desa), TPID Desa Dulomo dinilai telah sukses membuat 2 program prioritas utama berdasarkan kebutuhan masyarakatnya.

Sebagai Desa yang terletak di pusat kecamatan patilanggio, TPID telah melakukan perencanaan pembangunan Bak Jemuran dan telah merintis produk unggulan yakni Permen Soba, dimana kedua item program diyakini mampu dan akan berhasil untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan yang ada di Desa dengan pengembangan kapasitas secara berkelanjutan.

Kepada Fakta News, Ketua TPID Kecamatan Patilanggio Yuran Halidu melalui Marwan Usman mengatakan bahwa apa yang telah dicapai oleh Tim Pendamping saat ini adalah upaya untuk lebih meningkatkan ekonomi, kewirausahaan, Sumber daya alam dan pelayanan sosial dasar serta infrastruktur yang ada didesa.

“Apa yang kami capai saat ini tidak lain berdasarkan kerja sama tim serta dukungan dari masyarakat yang ada di Kecamatan Patilanggio, kami yakin bahwa ketika kami meningkatkan ekonomi, kewirausahaan, Sumber daya alam dan pelayanan sosial dasar serta infrastruktur yang ada didesa ini akan menjadi lebih efektif dalam peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat.”Jelas Marwan

Ditempat terpisah, Kepala Desa Dulomo Henrianto Aluwi Huwili, Kepada Fakta News mengatakan sebagai Pemerintah Desa dirinya memberikan apresiasi atas kinerja yang dilakukan oleh Tim Pendamping Invosi Desa (TPID), dimana TPID mampu menekan keterbatasan kapasitas dalam penggunaan ADD Desa serta menemukan formulasi produk unggulan dan berbagai peningkatan ekonomi lainnya.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Desa, sangat mengpresiasi dengan apa yang dicapai oleh TPID Kecamatan Patilanggio saat ini, dimana pembangunan Bak Jemuran dan membuat rintisan produk unggolan yakni Permen Soba itu mampu menekan keterbatasan kapasitas dalam pengeolan Dana Desa.”Ungkap Henriyanto

Sama halnya dengan Kepala Desa Balayo Uyan Oka, saat ditemui Fakta News dirinya pun memberikan apresiasi penuh atas apa yang dilakukan oleh TPID Kecamatan Patilanggio, dimana dirinya yakin bahwa kedepan TPID mampu untuk mendorong masyarakat desa untuk lebih aktif dalam segala hal.

“Terima Kasih buat TPID Kecaman Patilanggio, sampai kapan pun saya akan tetap mengapresiasi semua ide dan gagasan yang diberikan oleh mereka, saya yakin PID bakal mendorong peningkatan kapasitas produksi warga pedesaan dalam jangka pendek maupun panjang. Peningkatan SDM bukan hanya diukur dari peningkatan pendapatan saja melainkan juga mendorong terjadinya pengurangan beban biaya. Peningkatan kualitas SDM juga bakal mendorong warga desa lebih aktif meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan dasar dalam penyelenggaraan pembangunan desa.”Terang Uyan (FN-01)

1,497 kali dilihat, 0 kali dilihat hari ini