Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Pohuwato, Ketua Umum DPP APRI (Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Penambang Rakyat Indonesia), Ir. Gatot Sugiharto, melakukan kunjungan kerja ke areal rencana WPR (Wilayah Pertambangan Rakyat) Hulawa di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, Jumat kemarin (05/12/2017).

Setelah sebelumnya mengunjungi beberapa DPW dan DPC di daerah Papua, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah, DPP APRI melakukan kunjungan ke Pohuwato propinsi Gorontalo. Sebagai kunjungan yang pertama kalinya, Ketua Umum Gatot Sugiharto yang didampingi oleh Deputi Bidang Pengembangan Organisasi Imran S. Malla terlebih dahulu menyempatkan waktu menemui DPC APRI Pohuwato, Camat Buntulia dan para penambang di rumah jabatan Camat Buntulia.

Dalam pertemuan yang disambut hangat itu, Gatot menyampaikan beberapa hal yang menjadi catatannya terkait pertambangan, diantaranya tentang niat baik Pemerintah Daerah Pohuwato yang telah bersedia mencanangkan WPR seluas 205,28 Ha yang nanti akan mulai dioperasikan pada pertengahan 2018 mendatang.

“Kami dari DPP APRI senantiasa selalu berpesan kepada seluruh DPC se-Indonesia khususnya DPC Pohuwato untuk sedapat mungkin bersinergi dengan Pemerintah Daerah setempat agar legalitas penambang dan pengelolaan tambang yang ramah lingkungan menjadi prioritas yang tidak mustahil untuk dapat kita capai bersama,” ungkap Gatot.

Tidak berselang lama di rumah jabatan Camat Buntulia, Gatot dan rombongan meneruskan perjalanan ke lokasi pertambangan yang terletak di desa Hulawa untuk meninjau langsung areal rencana WPR yang disediakan pemerintah untuk rakyat penambang.

DPP APRI juga menyempatkan diri mengecek pembangunan alat rendaman ramah lingkungan disekitaran sungai Hulawa yang prakarsai oleh BUMDES Hulawa yang diperoleh dari bantuan Kementerian Desa.

Sekembalinya dari lokasi pertambangan, sebelum bertolak menuju Bandara Djalaludin Gorontalo, Gatot dan Imran yang didampingi oleh DPC APRI Pohuwato dan beberapa tokoh penambang setempat menyambangi rumah jabatan Sekda Pohuwato.

Dalam sambutannya, Sekda Pohuwato Jhoni Nento menyampaikan ucapan terimakasih kepada DPP yang sudah bersedia untuk mengunjungi Pohuwato.

“Kami Pemerintah Daerah sangat berterimakasih kepada DPC APRI Pohuwato yang telah memfasilitasi kedatangan Ketua Umum dan Deputi dari Dewan Pimpinan Pusat APRI ke daerah kami, yang jelas sebagai pemerintah, kami telah dan akan terus berupaya memberikan yang terbaik kepada warga masyarakat penambang untuk mendorong pengembangan dan pengelolaan tambang yang ramah lingkungan agar kedepan para penambang juga ikut mengambil peran dalam meningkatkan PAD Pohuwato.” Tutup Sekda yang juga mantan Kepala Dinas Kehutanan dan ESDM Pohuwato. (FN 08)

1,144 kali dilihat, 0 kali dilihat hari ini