Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Pohuwato, Pengurus Cabang GP. Ansor Pohuwato melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Terpadu Banser Angkatan Ke III di Desa Kalimas Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato yang pada Kamis 30/11/2017 kemarin telah resmi dibuka.

Pada kesempatan tersebut turut hadir Rois Surya PCNU Pohuwato, KH. Ghofur Nanawi, Sekretaris PCNU Pohuwato, Risman Ibrahim, S.HI, Ketua DPRD Pohuwato, Nasir Giasi, S.Pd., M.SI dan Ketua IKA PMII Pohuwato, Arvan Tangoi, S.Pd., M.PA yang juga sebagai Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Pohuwato.

Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Terpadu angkatan ke III ini turut mengundang tamu dari luar Pohuwato yakni GP. Ansor Boalemo yang dihadiri langsung oleh ketuanya, Kasim Maliu, S.Sos serta Banom NU lainnya seperti FATAYAT NU dan IPNU. Tampak OKP/OKPI Pohuwato seperti DPD KNPI dan PC. PMII Pohuwato serta masyarakat setempat juga ikut mengambil bagian dalam upacara pembukaan yang berlangsung dengan khidmat itu. Agenda yang dikoordinatori oleh Satkorcab Banser Pohuwato ini berhasil mendatangkan Instruktur Satkornas Banser Pusat, Mahdani Hamzah.

Dalam arahannya, Nasir Giasi yang berperan sebagai Pembina Upacara pada pembukaan kegiatan kemarin sore itu menyampaikan bahwa pada dasarnya pemerintah daerah sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

 “Kami atas pemerintah daerah sangat merespon positif kegiatan yang dilaksanakan oleh Pengurus Gerakan Pemuda Ansor ini, kami berharap agar proses pelaksanaan Diklatsar ini akan melahirkan kader militan yang terus menjaga Ulama dan mengawal nilai-nilai Pancasila dan kebhinekaan di Negara Republik Indonesia tercinta ini.” Nasehat Nasir.

Seraya menambahkan, Nasir Giasi yang juga sebagai Dewan Instruktur GP. Ansor ini berjanji akan terus mensupport kegiatan-kegiatan NU pada umumnya dalam rangka menangkal laju gerakan radikalisasi di Pohuwato.

Kepala desa Kalimas, Taluditi, Nurkholish Abduh, saat dimintai tanggapan kaitan dengan penyelenggaraan kegiatan ini mengungkapkan bahwa dirinya baik secara pribadi maupun sebagai pemerintah desa setempat sangat bersyukur dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan di desa Kalimas ini dan dengan segenap aparat desa Kalimas akan mendukung kegiatan ini hingga usai.

“Sebagai bagian dari kader Ansor yang pernah ikut Pelatihan Kader Dasar keAnsoran angkatan pertama di 2015 silam, saya sangat merasa bersyukur dan berterimakasih kepada pengurus Ansor Pohuwato yang telah bersedia menjadikan desa kami sebagai lokasi pendidikan dan pelatihan ini.” Ungkap Nurkholish

Saat dikonfirmasi di lokasi acara, Ketua GP. Ansor Pohuwato, Firman Ikhwan, S.IP membeberkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta.

 “Alhamdulillah Diklatsar ini diikuti oleh peserta dari berbagai Kecamatan se-Kabupaten Pohuwato yang kurang lebih berjumlah 50 orang, mereka akan ditempa dan digembleng dengan nilai-nila ke-Islam-an, ke-NU-an, ke-Ansor-an- dan ke-Banser-an, serta beberapa materi kepemimpinan.” Beber Firman.

Setelah penyelenggaraan upacara yang berlangsung dengan khidmat itu, Ketua Panitia Pelaksana yang juga bertindak sebagai Komandan Upacara, Amrin Kadir, S.Pd., menyampaikan kepada awak FaktaNews kegiatan tersebut akan dimaksimalkan selama 3 hari yang dimulai pada hari ini sampai hari Minggu tanggal 3 Desember depan.

“Alhamdulillah acara berlangsung sesuai jadwal. Kami berterima kasih kepada semua pihak, terutama para Kiai dan tokoh NU, segenap Badan Otonom NU, Ketua DPRD Pohuwato, OKP/OKPI, aparat Desa Kalimas dan seluruh pihak yang telah berperan serta dalam mensukseskan kegiatan ini, sebab tanpa kita semua, kegiatan ini tidak mungkin dapat terselenggara dengan baik.” Tutup Amrin. (FN-01)

1,212 kali dilihat, 41 kali dilihat hari ini