Faktanews.com (Daerah)Kabupaten Gorontalo, Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Brimob Polda Gorontalo yang dipusatkan dilapangan Mako Brimob Isimu Kabupaten Gorontalo ini berlangsung sangat meriah. Pasalnya selain memperingati hari jadi Unit tertua didalam Kepolisian Republik Indonesia, berbagai pertunjukan pun ditampilkan sebagai rasa syukur dalam keseragaman dan kebersamaan yang ada di Korps baret biru tua ini.

Kapolda Gorontalo Brigjen. Drs. Rachmad Fudail,MH dalam pidatonya mengatakan bahwa Brigade Mobil atau Brimob adalah salah satu pasukan elite dalam jajaran Kepolisian. Dimana Brimob menurut Rachmat adalah Un it yang tergolong sebagai unit para militer Negara yang ditinjau dari tanggung jawab dan ruang lingkup tugas pokoknya.

“ Brimob ini seperti diketahui adalah satuan yang pertama kalinya terbentuk dengan nama Tokubetsu Keisatsutai yang artinya Polisi Istimewa. Pada mulanya Kesatuan ini diberikan tugas untuk melucuti senjata tentara jepang, melindungi Kepala Negara dan Mempertahankan Ibukota. Selain itu, Brimob juga turut berjuang pada 10 November 1945 di Surabaya. Yang seperti kita ketahui, dibawah kepemimpinan Inspektur Polisi I Mohammad Yasin, Pasukan ini memelopori pecahnya pertempuran melawan tentara sekutu. “ Ucap Rachmat.

Selain itu, Kapolda Gorontalo Rachmat Fudail yang juga bertindak sebagai Inspektur Upacara, mengungkapkan rasa bangga atas segala prestasi yang dicapai Brimob Polda Gorontalo selama ini. Menurut Kapolda Rachmat, berbagai gangguan keamanan, kelompok kriminal bersenjata, teroris, narkoba dan tindakan criminal bersenjata lainnya diwilayah Indonesia umumnya dan Gorontalo secara Khusus membutuhkan penanganan yang harus baik.

“ Secara Umum, tentunya Anggota Brimob wajib meningkatkan kemampuan taktisnya untuk melawan berbagai tindakan kriminal saat ini. Disamping itu, sayapun meminta kepada seluruh jajaran Brimob untuk tingkatkan latihan sehingga memiliki kemampuan teknik dan taktis operasional yang benar – benar capable sesuai dengan kondisi dewasa ini. Dan yang paling penting lainnya adalah, Seluruh Anggota Brimob harus selalu setia pada Pancasila, NKRI dan Patuh kepada Pimpinan Negara dan harus bersinergi dengan satuan lainnya.“ Ungkap Rachmat.

Sementara Itu Komandan Satuan Korps Brimob Polda Gorontalo AKBP. Gatot Santoso pada Konferesi Persnya mengatakan bahwa HUT Korps Brimob Ke72 kali ini tentu erat kaitannya dengan prestasi yang diraih Korps Baret Biru Tua. Dimana Kepercayaan dari masyarakat adalah hak mutlak dan menjadi motivasi untuk satuannya dalam mempertebal pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan tema Tahun ini. Diberbagai Survey Patut disyukuri Polri meningkat dalam capaian kepercayaan masyarakat. Oleh karena itu, momentum HUT Brimob menjadi sebuah motivasi untuk mempertebal pengabdian kepada masyarakat sesuai tema Tahun ini yakni Dengan Semangat Sinegritas Korps Brimob Mewujudkan Promoter Untuk Meraih Kepercayaan Masyarakat.” Tutup Gatot (FN02)

865 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini