Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Pohuwato, sebagai salah satu daerah yang termasuk dalam penandatanganan MoU Green Investment atau Investasi Hijau oleh 17 daerah kabupaten/kota se-Kawasan Teluk Tomini, para pemuda di daerah yang dijuluki kota aktivis ini tampaknya tidak ingin tinggal diam untuk ikut andil dalam menggeliatkan semangat pembangunan daerahnya. Pasalnya, kabupaten yang dipimpin oleh Syarif Mbuinga sebagai Bupati 2 periode ini faktanya memang memiliki sumber daya pemuda yang berlimpah, hal tersebut dapat dilihat dari persentase jumlah usia pemuda produktif yang berada di atas kisaran 30 ribu jiwa berdasarkan data BPS Kabupaten Pohuwato.

Agar harapan yang mulia itu tidak sekedar menjadi pemanis dan isapan jempol belaka, maka pada tanggal 14-15 November yang tinggal beberapa hari lagi ini para pemuda yang tergabung dalam Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Pohuwato akan menggelar Simposium Pemuda Kawasan Teluk Tomini sekaligus Pengukuhan Pemuda Relawan Anti Narkoba yang akan dipusatkan di Pantai Wisata Pohon Cinta Marisa.

Dalam wawancaranya dengan awak Fakta News usai silaturahim bersama rombongan Kirab Pemuda di kantor Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Pohuwato tadi malam (9/11/2017), Ketua KNPI Pohuwato, Fachmi Mopangga menyampaikan bahwa kegiatan yang akan di gelar ini merupakan kegiatan yang akan melibatkan seluruh elemen daerah terutama para pemuda.

“Sebagai induk organisasi kepemudaan di daerah, kami berencana akan menyelenggarakan Simposium Pemuda dan Pengukuhan Pemuda Relawan Anti Narkoba dan melibatkan banyak pihak”. Ungkapnya.

Menurut Fachmi, kegiatan tersebut akan didahului dengan Pengukuhan Pemuda Relawan Anti Narkoba yang akan dilaksanakan di Pohon Cinta, kemudian akan dilanjutkan dengan Simposium Pemuda di lokasi terpisah yakni Pantai Wisata Libuo Kecamatan Paguat.

Secara terpisah, Wakil Ketua Bidang Hubungan Kerjasama Antar Lembaga, Abdul Irsak, mengungkapkan bahwa kegiatan ini akan dihadiri oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Kelautan, pengurus DPD KNPI lintas daerah dan masih banyak lagi.

“Sebagaimana tupoksi kami, sejauh ini hubungan dan kerjasama antar lembaga telah terkomunikasikan dengan baik kebeberapa daerah beserta OKP/OKPI yang ada”. Tutur Irsak.

Ketua Panitia Pelaksana, Yopin Sukoli, melalui Sekretaris Panitia, Yosar Ruiba ketika ditemui oleh Fakta News di Warkop 008 menerangkan, kegiatan ini selain turut mengundang pihak kementerian dan pimpinan daerah se-Kawasan Teluk Tomini, juga mengikutsertakan siswa siswi SLTA tingkat kabupaten Pohuwato dalam agenda Relawan Pemuda Anti Narkoba.

“Kami beserta segenap panitia pelaksana telah berupaya mengundang dari pihak kementerian dan dari pihak pengurus DPD KNPI Sulut, Sulteng dan beberapa DPD se-Gorontalo, kami juga akan melibatkan siswa 11 SLTA tingkat kabupaten Pohuwato dan kegiatan ini akan dihelat pada dua sub agenda yakni Relawan Anti Narkoba dan Simposium Pemuda.” Tutup Yosar.(FN08)

1,246 kali dilihat, 37 kali dilihat hari ini