Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Pohuwato, dalam rangka turut serta menyikapi dan memeriahkan Hari Sumpah Pemuda yang ke 89, Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Pohuwato beserta segenap Dewan Pengurus Kecamatan (DPK KNPI) se-kabupaten Pohuwato dan OKP/OKPI, siang tadi tampak telah mulai melangsungkan beberapa rangkaian kegiatannya yang di kemas dalam agenda sentral yakni Bhakti Pemuda Untuk Daerah. Rangkaian kegiatan kepemudaan tersebut akan berlangsung selama beberapa hari kedepan, tercatat mulai hari ini tanggal 26 sampai hari Minggu tanggal 29 Oktober 2017.

Dalam sambutannya, Ketua DPD KNPI Pohuwato, Fachmi R. Mopangga mengutarakan maksud dan tujuan dari kegiatan yang sedang dan akan digelar selama 4 hari tersebut. Fachmi menyampaikan kepada publik bahwa sebagai kelompok yang terorganisir dalam suatu wadah yang disebut KNPI, dalam merespon berbagai momentum yang ada di daerah, tak terkecuali momentum Hari Sumpah Pemuda yang tinggal 2 hari lagi, maka KNPI bersama OKP/OKPI yang bernaung didalamnya telah lebih awal menyikapi momentum ini dengan beberapa agenda kepemudaan yang strategis.

“Kami, atas nama pemuda yang tergabung dalam wadah KNPI Pohuwato bertekad untuk terus berupaya semaksimal mungkin mempersembahkan bhakti terbaik kami sebagai pemuda di daerah ini dalam mengisi ruang dan peran di seluruh sektor yang diperlukan untuk pengembangan dan pembangunan daerah Pohuwato kita tercinta.” Ujar Ketuanya para pemuda pada sambutannya barusan.

Berdasarkan data yang berhasil kami himpun dilapangan, untuk kegiatan kepemudaan yang akan berlangsung selama 4 hari kedepan ini, DPD KNPI Pohuwato telah mengurainya pada beberapa sub item yang diantaranya, Kamis 26/10 agenda Penanaman Pohon dan Jelajah Alam Pemuda Panua di desa Iloheluma kecamatan Patilanggio, Jum’at 27/10 agenda Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Penghijauan di desa Mootilango kecamatan Duhiadaa, 28/10 agenda Upacara Hari Sumpah Pemuda tingkat kabupaten Pohuwato di depan kantor Dinas Pemuda dan Olahraga, 29/10 agenda Pembersihan Sampah dan Penempatan 20 buah bak sampah di pulau Lahe kecamatan Marisa.

Pada pencanangan Hari Sumpah Pemuda ke 89 yang di buka secara langsung oleh Dewan Pelindung KNPI Pohuwato yang juga Ketua DPRD Pohuwato, Nasir Giasi, S.Pd, M.SI itu tampak begitu meriah karena dihadiri oleh Camat Patilanggio dan sebagian besar Kepala Desa se-Patilanggio serta segenap masyarakat desa Iloheluma. Pada sambutannya, Ketua NG mengungkapkan apresiasinya kepada KNPI yang begitu eksis dan masif dalam memposisikan perannya di setiap momentum yang ada,

“sebagai wakil rakyat, kami tentu sangat bersyukur dengan adanya geliat semangat kaum muda yang dinahkodai oleh dinda Fachmi ini. Bagaimana tidak, saya sendiri sebagai mantan Ketua KNPI pada 2 periode awal KNPI Pohuwato yang dilanjutkan oleh dinda Gusti M. Goma pada periode ketiga, sangat memahami kondisi pemuda dan spirit yang menyertai saat itu. Dengan melihat realitas pemuda KNPI di periode dinda Fachmi saat ini, bukan tidak mungkin bahwa Pohuwato kedepan akan menjadi kabupaten layak pemuda.” Ungkap Nasir.

Pada kesempatan tersebut, ikut hadir tokoh pemuda Patilanggio, Badrun Yonu, S.Pd yang juga dipercayakan oleh panitia sebagai pembawa acara pada kegiatan yang dipusatkan di lokasi Embun 1 dusun Moyongo desa Iloheluma itu. Saat dimintai tanggapan via seluler, Badrun berpendapat bahwa kegiatan yang ini sangat bermanfaat bagi pemuda dan warga desa Iloheluma dan kecamatan Patilanggio pada umumnya, namun dia berharap melalui kesempatan itu pula menjadi momentum bagi semua pihak dalam menyerap aspirasi prioritas dari warga masyarakat setempat.

“Saya bersyukur menjadi pengurus KNPI di tingkat kecamatan Patilanggio, terdengar langsung oleh saya bagaimana rasa syukur dan ucapan terimakasih dari warga setempat perihal dampak positif dari adanya kegiatan ini. Saya berharap, dengan hadirnya Ketua DPRD di tempat ini, menjadi ajang serap aspirasi warga tentang hal-hal prioritas bagi warga Patilanggio, termasuk penyediaan jamban di pemukiman warga Embun I dusun Moyongo dan jembatan warga Patilanggio.” Ungkap Badrun yang juga sebagai Ketua DPK KNPI Patilanggio.

Sebelum berita ini diturunkan, ketua panitia pelaksana kegiatan, Ahmad Lakoro melalui awak media FaktaNews menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam suksesi kegiatan tersebut.

“Saya beserta panitia sangat berterimakasih kepada semua pihak yang telah membantu suksesnya kegiatan ini, semoga solidaritas kawan-kawan akan terus terjaga khususnya pada kegiatan yang akan terus berlanjut sampai pada hari Minggu tanggal 29 Oktober nanti. Tutup Lakoro.(FN08)

2,611 kali dilihat, 36 kali dilihat hari ini