Fatanews.com (Daerah) – Kota Gorontalo, Demi terciptanya kualitas serta mengoptimalkan layanan untuk seluruh Stakeholder dan Masyarakat Kota Gorontalo, Bagian Hukum Sekretariat Daerah membuat sebuah klinik hukum online terpadu.

Sebuah system aplikasi yang diakses secara online ini dapat memudahkan seluruh Perangkat Daerah dan Masyarakat Kota Gorontalo, dimana ada 3 objek substansi angtelah tersedia yakni, 1. Penyelesaian Penelitian/Koreksi SK Walikota secara online, 2. Informasi tentang Produk Hukum Daerah ( Perda, Perkada dan SK), 3. Pengaduan Hukum Online.

Kepada Fakta News, Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Gorontalo Siti Dahlia Syarief mengatakan berdasarkan data register pemijaman produk hukum daerah terdapat 44 kali ditahun 2016, sehingganya dengan adanya klinik hukum online terpadu semua dapat diakses tanpa merugikan waktu dan biaya.

Kepala Bagian Hukum Hj. Siti Dahlia Syarief, SH., MH

“Data yang ada saat ini sekitar 44 kali peminjaman, yakni untuk Perda ada sekitar 22 Stakeholder, Perwako berjumlah 10 Stakeholder dan SK Walikota sebanyak 12 Stakeholder,  peminjaman produk daerah tersebut belumlah efektif karena masih dengan cara manual, terlebih lagi jika harus bolak balik untuk proses pengkoreksian hingga sampai dengan daft SK yang sudah siap ditanda tangani oleh Pak Walikota, biasanya memakan waktu hingga 3 hari, dan itu yang menyebabkan lambatnya proses penyelesaian SK Walikota.” Jelas Wanita yang kerap disapa Lia ini.

Ditambahkannya lagi, untuk pengaduan hukum dari masyarakat pun masih tidaklah efektif jika dilihat dari segi waktu, sehingganya Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Gorontalo agak kewalahan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya berdasarkan peraturan perundang-undangan agar terciptanya penegakan supremasi hukum di Daerah.

“Aduan hukum dari masyarakat pun masih memakan waktu hingga 7 hari kerja, karena harus melewati beberapa pejabat yang ada dilingkungan Sekretariat Daerah, sehingganya kami yang ada di Bagian Hukum merancang sebuah klinik hukum secara online, hal ini dapat memudahkan seluruh Stakeholder dan masyarakat Kota Gorontalo.” Ungkap Lia seraya menambahkan

“Manfaat dari adanya klinik online ini sangat besar, dimana akan adanya peningkatan kualitas layanan hukum kepada perangkat daerah dan masyarakat dalam mengakses layanan secara cepat dan mensukseskan program Smart City yang berbasis IT oleh Pemerintah Daerah serta membantu masyarakat Kota Gorontalo secara keseluruhan dalam hal mengajukan pengaduan dan mendapatkan informasi produk hukum secara cepat dan terpadu tanpa harus mendatangi lagi kantor Bagian Hukum.”Tegas Lia. (FN-01)

2,983 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini