PPI Provinsi Kecewa, Ariyanto Kadjiba Siapkan Aksi Turun Kejalan

Faktanews.com (Daerah) – Kabupaten Boalemo, Polemik Liburan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Boalemo yang pada medio Agustus lalu, kini mulai diperbicangkan. Pasalnya, Liburan yang seharusnya menjadi reward atas keberhasilan saat melaksanakan tugas tersebut menyisahkan banyak pertanyaan mengenai sumber dana yang digunakan sekaligus Isu pengembalian dana yang rencana akan dicover pada Usulan APBD Perubahan oleh Instansi terkait yang dalam hal ini adalah Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Boalemo.

Dalam Pemberitaan faktanews.com edisi 3 Oktober 2017, pernyataan Kepala Kantor Darman Tone yang berbeda dengan staf Kesbangpol Kabupaten Boalemo terkait pinjaman dana dari pihak luar sekaligus pencatutan nama Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahrga Dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan sebagai Pihak yang dikonsultasikan inipun menimbulkan reaksi dari berbagai pihak.

( Baca : http://faktanews.com/2017/10/03/minta-kase-pulang-liburan-paskibraka-boalemo-sisakan-polemik/ )

Drs. Wenny Liputo, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Gorontalo ketika diklarifikasi faktanews.com mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah memberikan rekomendasi ataupun arahan terkait konsultasi pihak kesbangpol kabupaten Boalemo. Menurut Wenny hal ini dikarenakan kewenangan atas segala kegiatan tersebut menjadi tanggung jawab full daerah.

“ Kami tidak pernah memberikan rekomendasi tentang hal itu. Soalnya itu menjadi tanggung jawab full didaerah. Jadi penggunaan anggaran terkait liburan adik – adik Paskibraka di Boalemo baik dan lain sebagainya bukan hasil rekom dari kami.” Bantah Wenny.

Wennypun menambahkan bahwa hingga hari ini teman – teman Paskibraka Provinsi Gorontalo belum diberikan reward ataupun bonus liburan, karena pihaknya masih menunggu penetapan anggaran di APBD Perubahan. “ Bahkan paskibraka provinsi Gorontalo hingga saat ini belum kami berikan reward atas capaian yang mereka dapat. Kamipun masih menunggu hasil penetapan APBD Perubahan, karena tidak ada anggaran sehingga harus diusulkan terlebih dahulu. “Tegas Wenny.

Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Provinsi Gorontalo, Taufan Ntobuo ketika dihubungi faktanews.com menjelaskan kekecewaannya terkait polemic liburan paskibraka kabupaten Boalemo. Pasalnya, sebagai satu satunya peserta yang mewakili Provinsi Gorontalo pada Apel Kebangsaan di Bogor (23/8) silam, Harusnya itu adalah moment positif dan sebuah kebanggaan serta tidak menyisahkan polemic terkait pemberangkatan tersebut.

“ Saya sangat menyayangkan apa yang sekarang ini beredar tentang adik adik PPI Kabupaten Boalemo. Padahal kemarin adalah sebuah kebanggaan ketika teman – teman PPI bisa menghadiri Apel Kebangsaan di bogor. Itu adalah pengalaman sekaligus momen yang sangat membahagiakan buat mereka. Namun jujur atas nama pribadi maupun lembaga saya merasa kecewa jika harus ada polemic itu, apalagi mengenai dana pemberangkatan.” Urai Taufan.

Ketua PPI Kabupaten Boalemo Ariyanto Kadjiba via selullernya menjelaskan bahwa pihaknya merasa kecewa ketika keberhasilan paskibraka menyisahkan polemik terkait reward atas apa yang sudah dipersembahkan pihaknya. Menurut Ariyanto, dirinya tidak menyangka hal ini harus bergejolak padahal sebelumnya pihak Kesbang telah meyakinkan bahwa anggarannya telah dipinjam dari pihak luar dan telah mendapatkan hasil positif dari pihak provinsi.

“ saya sangat kecewa dengan masalah pemberangkatan teman – teman Paskibraka. Padahal pihak kesbangpol pernah mengatakan bahwa dana ini telah dipinjam dari pihak luar dan telah dikonsultasikan dengan pihak Provinsi. Makanya saya kaget jika masalah ini menjadi objek yang harus diributkan, kasihan adik adik paskibraka yang telah berjuang untuk menyukseskan hari Kemerdekaan.” Terang Ariyanto.

Atas kekecewaannya Ariyanto menambahkan akan mempresure masalah tersebut dan akan melakukan aksi untuk mempertanyakan konsekwensi Pemerintah Daerah terhadap PPI Boalemo. “ Perlu ditambahkan, Kami akan mempresure masalah ini dan saya telah berdiskusi dengan seluruh teman – teman PPI Boalemo untuk aksi turun kejalan dan mempertanyakan masalah ini ke pihak – pihak terkait termasuk DPRD. “ Tutup Ariyanto. (FN 02)

2,445 kali dilihat, 22 kali dilihat hari ini