Sumber : Facebook Rama Datau

“Yang Muda Punya Kualitas dan Rivalitas Tokoh Tua”
Oleh : Yaser Mohamad
Faktanews.com (Tokoh) – Anak muda pada umumnya terkesan menghindari politik, tetapi dewasa ini ternyata masih ada anak muda yang berani mengambil resiko tanggung jawab politik dan berkiprah dengan partai politik. Iskandarsyah Rama Datau menjadi salah satu tokoh muda yang berani dengan keputusan tersebut.
Politisi muda asal Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang juga tercatat sebagai Ketua Garda Pemuda NasDem DPW Gorontalo ini memimpin organisasi sayap Partai besutan Surya Paloh  diusia mudanya.
Berpengalaman memimpin beberapa perusahaan milik keluarganya, tentu menjadikan pengusaha muda yang pernah menjadi Ketua Umum HIPMI JAYA ini, tidak canggung Memimpin GP NasDem Gorontalo. Walaupun sebenarnya diiusia yang muda tentu bukan pekerjaan sederhana. Meski demikian, darah politik tampaknya memang telah mengalir dalam diri anak muda kelahiran 1980 itu.
Seperti diketahui paragmatisme pada kemampuan figur calon pemimpin muda saat ini sedang naik daun. Tentu hal ini tidak lepas dari pesimisme publik yang mulai ragu terhadap kemapanan elite politik dari para tokoh – tokoh tua. “Politisi muda saat ini memang belum banyak yang berada dalam posisi inti dan penentu. Padahal, jika kita melihat lebih luas telah banyak dari kalangan muda yang berpotensi bagus secara kualitas dan kuantitas,” Ujar salah satu pengamat politik gorontalo. 
Iskandarsyah Rama Datau

Jika kita bisa melihat secara struktural politik saat ini, sangat mengagungkan prinsip elitis. Wajah-wajah lama masih mendominasi panggung politik baik secara lokal maupun nasional. Dalam perhelatan politik, terjadi perebutan kekuasaan karena  suka atau tidak suka, jika para politisi muda ingin muncul, ya harus berani merebut dari para pemain lama ini 

Rama Datau adalah salah satu contohnya, dia menjadi salah satu tokoh muda yang dimiliki gorontalo dengan komposisi mempunyai jiwa kepemipinan, kemampuan, berbakat dan berkualifikasi yang tidak kalah dari kalangan senior. 

Saat Ini Adalah Momentum

Harus ada momentum khusus bagi calon pemimpin muda untuk bisa tampil di atmosfir politik Gorontalo. Dimana momentumnya memang harus khusus. Jika terjadi ketidakpercayaan yang sangat signifikan pada rezim yang ada, maka itu boleh dikatakan saat yang sangat tepat. apalagi jika melihat banyak sekali hal yang harus dirubah demi kesejahteraan dan kemaslahatan rakyat banyak.


Bisa jadi saat ini adalah momentum  sebagai upaya tokoh muda untuk menyalip di tikungan. namun bukan berarti hal ini bercitra yang buruk, hanya saja lebih kepada untuk mendapat legitimasi dari publik.bahwa Seyogianya para politisi muda bisa merebut “kekuasaan” dengan cara yang konstitusional dari tangan – tangan tokoh tua di dunia politika Gorontalo secara umum.

kalangan tokoh muda siap mengambil momentum tersebut, dan Rama Datau untuk saat ini berada dijalur yang tepat dalam pemanfaatan momentum yang akan bertarung dalam kultus individu dan kompetensi kualitas dan kemampuan yang bukan hanya sekadar faktor senioritas dan bukan hanya sekedar usia. (***)
Editor : Jeff

59 kali dilihat, 0 kali dilihat hari ini