Dr. H. Rachmat Gobel saat memberikan sambutan pada Haul Gobel Tua ke 33
Faktanews.com (Daerah) – Bone Bolango, Peringatan Haul ke-33 Tahun Alm. H. Mohamad Thayeb  Gobel yang dilaksanakan di Rumah Adat Gobel Tapa, Kabupaten Bone Bolango ini dihadiri ratusan masyarakat dari berbagai daerah di Provinsi Gorontalo.

Kegiatan yang dihadiri juga Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Bupati Gorontalo Utara H. Indra Yasin dan beberapa tokoh baik nasional maupun lokal ini, juga mengenang ketokohan sosok H. Mohamad Thayeb Gobel sebagai pelopor dan salah satu sumber inspirasi warga Gorontalo pada umumnya.

Seperti diketahui, H. Mohamad Thayeb Gobel menjadi sumber referensi penting bagi siapapun yang ingin menapaki sukses. Dari banyak literatur, Mohamad Thayeb Gobel dikenla sebagai sosok yang sangat memegang teguh filosofi manfaat pohon pisang. Yang Oleh Tokoh Teknokrat ini mengatakan bahwa selurur bagian dari pohon pisang itu dapat berguna, dimulai dari buah, daun hingga batangnya pun bisa berguna bagi manusia. Tentu Hal ini sangat patut ditiru oleh siapapun. 

Disamping itu, H. Mohamad Thayeb Gobel yang tidak hanya dikenal di Gorontalo. Ia juga menjadi sosok yang populer di tingkat Nasional berkat ide dan gagasannya yang menginspirasi dari cita cita Presiden Soekarno untuk mempersatukan bangsa dan negara. menciptakan Radio Transitor bermerk “Tjawang” ini konon dipuji Sang Proklamator karena bisa diandalkan didalam membakar semangat revolusi dan nasionalisme seluruh rakyat melalui radio. olehnya, Oleh Presiden Pertam Republik Indonesia, H. Mohamad Thayeb Gobel dianugerahi penghargaan Satya Lencan atas jasa jasanya yang juga telah menjadikan Indonesia sebagai Kiblat bagi pengembangan industri elektronik didunia kala itu.

Dr. H. Rachmat Gobel dalam sambutan mewakili keluarganya mengucapkan syukur atas kedatangan masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan seluruh pihak yang telah menyempatkan diri untuk hadir di Haul Gobel Tua. 

Menurut Mantan Menteri Perdagangan ini, kehadiran dan keikutsertaan dalam melantunkan doa dan dzikir kehadirat yang kuasa, adalah sebuah semangat dan sprit serta kebahagian bagi keluarganya. ” Saya mewakili Keluarga tentu mengucapkan syukur dan terima kasih atas kehadiran bapak ibu yang telah mendoakan Almarhum Orang Tua Kami, semoga doa dan dzikir yang tadi telah kita ikuti bersama, mendapat berkah dan karunia serta kenikmatan dari Allah SWT, Amin.” Ucap Rachmat. 


H. Indra Yasin saat foto bersama dengan Rachmat Gobel
H. Indra Yasin Bupati Gorontalo Utara yang ditemui saat Haul Gobel Tua mengatakan bahwa kegiatan Haul tersebut adalah sebuah kewajiban. Pasalnya menurut Indra hal ini patut diikuti oleh semua orang didalam rangka mengenang orang tuanya. ” ini adalah sebuah kewajiban seorang anak kepada orang tuanya. Disamping itu, Silaturahim tentu pasti terjaga. Jangan Lupa, Silaturahim itu sangat penting. :” Bilang Indra.

Wakil Walikota Gorontalo dr. Budi Doku,
Saat berbicang dengan Rachmat Gobel
Wakil Walikota Gorontalo dr. Charles Budi Doku, kepada awak media ini menjelaskan bahwa kedatangan Rahmat Gobel bersama keluarga dalam rangka Haul Gobel Tua ini dapat menjadi spirit dan panutan banyak orang. hal ini dikarenakan sifat dan karakter Rahmat Gobel yang selalu mengingat jasa orang tua adalah sebuah keharusan untuk dicontohi banyak orang.” Inilah yang menjadi berkah bagi Pak Rahmat Gobel. selalu mendoakan orang tua dan menyantuni fakir miskin serta anak anak yatim. Insya Allah malam ini menjadi berkah tersendiri bagi keluarga Pak Rahmat. ” Kata Wawali Budi.

Iskandarsyah Rama Datau

Sementara Itu, Iskandarsyah Datau ketika dijumpai mengatakan bahwa Haul Gobel Tua adalah sebuah agenda tahunan dari keluarganya. sebagai kewajiban didalam rangka mengenang jasa dan ketokohan Alm. H. Mohamad Thayeb Gobel ini selalu dijadikan sebuah contoh hidup dan panutan diberbagai hal. ” ini adalah agenda tahunan keluarga yang selalu berdoa kepada Almarhum Bapak H. Mohamad Thayeb Gobel atas segala jasa dan ketokohannya. Saya sebagai pribadi menjadikannya sebagai tokoh panutan hidup saya diberbagai hal. Insya Allah ini berkah bagi seluruh rakyat Gorontalo.” Tegas Pria yang akrab di sapa Rama Datau ini. (FN02)

58 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini