Faktanews.com (Lintas DPRD) – Kabupaten Pohuwato, Berbagai macam keinginan yang harus diselesaikan, namun berbeda dengan salah satu tokoh masyarakat yang juga saat ini duduk menjadi Wakil Rakyat asal Popayato, Rizal Pasuma hanya berharap agar para nelayan dan petani yang ada di Pohuwato agar sejahtera.
Harapan terbesar agar nelayan dan petani di Kabupaen Pohuwato agar terus diberdayakan aktivitas ekonominya, hal ini tentu dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin. Sebab menurut data kemiskinan yang disampaikan oleh pemerintah daerah menyebutkan nelayan dan petani adalah bagian terbesar dari kemiskinan yang ada di daerah ini. Olehnya itu, semua program yang dikhususkan untuk nelayan dan petani harus tepat sasaran.
“Sudah seharusnya diberikan perhatian yang lebih terhadap para petani dan nelayan. Para petani kita telah bersusah payah mengembangkan budidaya pertanian. Bahkan, di antara masyarakat petani, masih banyak petani penggarap yang tidak memiliki lahan sendiri. Para petani menghadapi tantangan perubahan iklim global, dan ditambah dengan kelangkaan pupuk dan bibit unggul. Namun setelah panen, produk pertanian mereka harus menghadapi masalah permainan harga yang sangat merugikan para petani,”papar Rizal.
Dia juga menambahkan, para nelayan tetap berihtiar mencari hasil laut, di tengah keterbatasan yang ada. Mereka tidak gentar dengan hantaman ombak besar dan cuaca buruk yang makin sering mengancam akibat gejala perubahan iklim yang ekstrim. Sungguh, jika memperhatikan kerja keras, pengabdian dan perjuangan hidup petani dan nelayan di tengah-tengah kondisi yang serba-terbatas itu, maka pengabaian terhadap kesejahteraan mereka merupakan sebuah keharusan yang harus diberikan oleh Pemerintah dan DPRD Kabupaten Pohuwato.
“Olehnya itu, Pemda melalui dinas terkait dapat lebih selektif lagi untuk memberikan bantuan, sebab ada beberapa penerima bantuan yang seharusnya mendapatkan namun terkesan dibiarkan oleh pihak terkait,”Jelas Rizal (Jho)

31 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini